1.
Salah
satu tujuan mempelajari PLH bagi siswa adalah..
a.
Agar
siswa mampu memenuhi kebutuhan dalam hidupnya
b.
Memotivasi
siswa dalam rangka pelestarian tanaman langka
c.
Membantu
siswa dalam mengelola lingkungan hidup disekolah dan di rumah
d.
Momotivasi
siswa untuk mendukung kegiatan industri
2.
Dengan
menggunakan wadah makanan yang dapat dipakai berulang kali, akan membawa
keuntungan dalam hal..
a. Mengurangi penyebaran bibit penyakit
b. Mengurangi adanya sampah plastik
c. Meningkatkan kualitas makanan
d. Menambah cita rasa makanan
3.
Hubungan
antara lingkungan biotik dan abiotik adalah
a.
Sendiri-sendiri
c. Terpisah
b.
Tidak
ada hubungan d. Interaksi/timbal balik
4.
Rumah
adat Tulungagung yang merupakan pengaruh dari kerajaan Majapahit disebut
a.
Rumah
Joglo c. Rumah bale
b.
Rumah
panggung d. Rumah Minang
5.
Kesenian
tradisional Tulungagung yang dipanggungkan dan diiringi gamelan dengan aba-aba
kentongan disebut
a.
Reog
kendang c. Ketoprak
b.
Jaranan
d. Kentrung
6.
Tumbuhannya
lebat, pohonnya tinggi serta daunnya lebar merupakan ciri
a.
Hutan
musim c. Hutan bakau
b.
Hutan
hujan tropis d. Sabana
7.
Hutan
hujan tropis terdapat di
a.
NTB c. Pulau jawa
b.
NTT d. Sumatera
8.
Salah
satu jenis buah yang banyak ditanam di Tulungagung adalah
a.
Salak
c. Apel
b.
Duku
d. Anggur
9.
Persamaan
tanaman kelengkeng dan sawo adalah
a.
Bunganya
tumbuh pada pucuk ranting
b.
Batang
dan daun berduri
c.
Daunnya
seperti jari
d.
Buahnya
masam
10. Tanaman obat yang bisa digunakan
untuk mengobati kulit yang mengelupas adalah
a.
Jahe
c. Beluntas
b.
Asam
jawa d. Belimbing wuluh
11. Jenis fauna yang ada di hutan
Boso Sendang adalah
a.
Landak
c. Kera ekor panjang
b.
Bangau
d. Harimau
12. Sumber daya alam darat yang ada
di Tulungagung, kecuali
a.
Sumber
daya alam darat peraiaran
b.
Sumber
daya alam darat pertambangan
c.
Sumber
daya alam darat perairan
d.
Sumber
daya alam kelautan
13. Di Tulungagung jenis peternakan
ayam petelur banyak dijumpai di kecamatan
a.
Rejotangan
c. Besuki
b.
Kedungwaru d. Sendang
14. Hutan yang ada di wilayah
Tulungagung berfungsi sebagai
a.
Hutan
lindung c. Suaka alam
b.
Hutan
produksi d. Cagar alam
15. Rusaknya hutan di Tulungagung
disebabkan karena
a.
Kebakaran
hutan c. Penebangan liar
b.
Gagalnya
reboisasi d. Peladangan liar
16. Salah satu kerusakan hutan akan
menyebabkan hal-hal dibawah ini, kecuali
a.
Tanah
lonsor c. Menjaga kesuburan tanah
b.
Perubahan
iklim d. Punahnya jenis fauna tertentu
17. Daerah target konservasi di
wialayah Tulungagung adalah
a.
Kecamatan
Boyolangu c. Kecamatan Campurdarat
b.
Kecamatan
Sumbergempol d. Kecamatan Ngantru
18. Bencana alam yang disebabkan oleh
gelombang-gelombang seismic dari dalam lapisan kulit bumi disebut
a.
Banjir
c. Gempa bumi
b.
Tanah
longsor d. Angin putting beliung
19. Cara memanfaatkan sampah organik adalah
a.
Dibuat
kompos c. Di bakar
b.
Di
daur ulang d. Di keringkan
20. Pemanfaatan sampah organik
menjadi kompos sedang digalakkan karena
a.
Sulit
pembuatannya c. Kompos ramah lingkungan
b.
Menimbulkan
pencemaran d. Kompos mempunyai harga jual tinggi
21. Dapat mengubah dan struktur tanah
merupakan salah satu akibat dari pencemaran tanah oleh
a.
Pupuk
organik
b.
Sampah
yang tidak bisa diurai oleh mikroorganisme
c.
Air
d.
Sampah
organik
22. Limbah industri atau sisa
insektisida yang masuk kedalam air dapat menyebabkan
a.
Warna
air jernih c. Spesies ikan bertambah
b.
Air
disungai tidak berbau d. Terganggunya aktivitas kehidupan organisme
23. Masuknya limbah hasil manusia ke
dalam suatu wilayah tertentu sehingga kualitas lingkungan menjadi berubah merupakan
definisi dari
a.
Reboisasi
c. Gerakan sejuta pohon
b.
Konservasi
lingkungan d. Pencemaran lingkungan
24. Istilah AMDAL kependekan dari
a.
Analisa
Mengenal Dampak Lingkungan
b.
Analisis
Mengenal Dampak Lingkungan
c.
Analisa
Mengenal Dampak Lingkungan Hidup
d.
Analisis
Dampak Lingkungan Hidup
25. Pencemaran tanah disebabkan oleh
hal-hal berikut, kecuali
a.
Limbah
rumah tangga c. Limbah pertanian
b.
Limbah
industri d. Pupuk organik
26. Upaya peningkatan kualitas
manusia secara bertahap dengan memperhatikan faktor lingkungan adalah
a.
Pembangunan
berkelanjutan c. Kependudukan
b.
Pembangunan
d. Lingkungan hidup
27. Salah satu akibat dari pencemaran
udara adalah
a.
Kebakaran
hutan c. Timbulnya lahan kritis
b.
Terjadinya
kekeringan d. Suhu disekitar menjadi panas
28. Untuk mengurangi pencemaran sungai
dilakukan kegiatan
a.
One
man one tree c. GSP
b.
Reboisasi d. PROKASIH
29. Polusi udara dapat dicegah
melalui cara-cara berikut
a.
Penggunaan
air sesuai kebutuhan c. Budaya gemar menanam pohon
b.
Menghemat
SDA d. Mencabut kabel laptop bila tidak digunakan
30. Salah satu perbedaan pembangunan konvensional
dengan pembangunan berkelanjutan adalah
a.
Pemanfaatan
SDA secara bijaksana c. Mengutamakan peningkatan kualitas
b.
Pemerataan
hasil pembangunan d. Menekan jumlah kelahiran
31. SDA yang mendukung pembangunan
antara lain
a.
Kerjasama
dengan luar negeri c. Perbaikan kualitas lingkungan
b.
Birokrasi
pemerintah d. IPTEK
32. Untuk menunjang pembangunan
berkelanjutan dilaksanakan prinsip-prinsip berikut
a.
Demokratis,
terbuka c. Jujur anti KKN
b.
Serasi,
selaras, seimbang d. Adil, Sejahtera
33. Dimensi ekonomi dalam pembangunan
berkelanjutan dilaksanakan hal berikut, kecuali
a.
Integritas
ekosistem c. Penghematan SDA
b.
Ramah
lingkungan d. Kebudayaan
34. Dimensi ekonomi, sosial, ekologi
mempunyai tujuan untuk
a.
Pemerataan
pembangunan c. Meningkatkan kualitas manusia
b.
Mengurangi
bencana d. Mobilitas ekonomi yang kuat
35.
Dalam meningkatkan kualitas manusia
dilaksanakan tiga dimensi yaitu
a.
Dimensi ekonomi, sosial, ekologi
b.
Dimensi ekonomi, sosial budaya
c.
Dimensi sosial, budaya dan IPTEK
d.
SDA, SDM IPTEK
36. Potensi fisik yang dimiliki desa
adalah
a.
Tanah,
air, iklim, flora dan fauna
b.
Tanah,
air, iklim
c.
Air,
iklim, flora dan fauna
d.
Tanah,
flora dan fauna
37. Salah satu bentuk interaksi desa
dan kota adalah
a.
Jumlah
urbanisasi c. Persaingan fasilitas hidup
b.
Persaingan
pendapatan d. Jumlah angka mortalitas
38. Tujuan tata ruang adalah
a.
Keseimbangan
dan keberlanjutan antara ruang alam dan ruang manusia
b.
Masyarakat
yang harmonis
c.
Kesejahteraan
masyarakat
d.
Kegiatan
ekonomi yang lancar
39. Pada desa yang sudah berkembang
tata guna lahannyasudah teratur dengan adanya
a.
Pasar,
tempat ibadah, sarana dan prasarana
b.
Pasar,
tempat ibadah, lapangan olah raga
c.
Balai
kesehatan, pasar, terminal
d.
Terminal,
pasar, lapangan olah raga
40. Pola tata ruang desa yang belum
berkembang ditandai
a.
Jarak
antara rumah cukup loggar
b.
Adanya
sarana dan prasarana pendidikan
c.
Adanya
tempat ibadah
d.
Terdapat
pasar
41. Pola ruang disuatu wilayah
berfungsi
a.
Untuk
keperluan tertentu
b.
Untuk
fungsi lindung dan peruntukan ruang untuk fungsi budidaya
c.
Menjaga
keseimbangan
d.
Pemeliharaan
jalan kota
42. Faktor-faktor kerusakan
lingkuangan adalah
a.
Reboisasi
c. Tebang pilih
b.
Pencemaran
air d. Pergiliran tanaman
43. Salah satu ciri air yang tercemar
adalah
a.
Air
bergelombang c. Perubahan warna, bau dan rasa air
b.
Volume
air sumur mengecil d. Tekanan air tinggi
a.
Penebangan
hutan
b.
Tidak
membuang sampah sembarangan
c.
Memakai
minyak wangi dalam bentuk spray
d.
Pembakaran
sampah
45. Penurunan baik secara kuantitas
maupun kualitas lingkungan disebut
a.
Pencemaran
lingkungan c. Pembangunan berwawasan lingkungan
b.
Pembangunan
lingkungan d. Degradasi lingkungan
46. Penyajian data harus ditulis
secara
a.
Sistem
dan komunikatif c. Ilmiah
b.
Runtun d.
Bisa dipertanggungjawabkan
47. Gambaran umum karya ilmiah
tercermin dalam
a.
Pembatasan
masalah c. Rumusan masalah
b.
Latar
belakang d. Penutup
48. Dalam rumusan masalah berisi
a.
Uraian
yang relevan dengan masalah yang disajikan
b.
Temuan-temuan
dalam penelitian
c.
Kesimpulan
penelitian
d.
Saran
yang diungkapkan
49. Salah satu tahap-tahap penyusunan
laporan ilmiah adalah
a.
Penulisan
latar belakang c. Penyusunan kata pengantar
b.
Penyusunan
rumusan masalah d. Pemilihan naskah
50. Kesimpulan dan saran merupakan
isi dari
a.
Pendahuluan
c. Latar belakang
b.
Penutup d. Kata pengantar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar